Monday, September 7, 2020

MASJID TERDALAM DAN MASJID DI DALAM LAUT PERTAMA

 Tahukah kita, ada 2 fakta unik sebuah masjid yang ada dunia ini. Langsung saja kita simak ...

1. Masjid Baabul Munawwar, Papua, Masjid terdalam di dunia

Masjid ini dibangun perusahaan tambang PT Freeport Indonesia. Letaknya berada di 1.700 meter di bawah permukaan tanah, dan mendapat rekor dunia sebagai masjid dengan lokasi paling dalam di dunia.

Masjid yag menyita perhatian ini dibangun untuk digunakan para pegawai pertambangan beribadah. Dengan begitu mereka tidak perlu keluar dari area tambang. Digunakan mulai Juni 2016, masjid ini berdampingan dengan Gereja Oikumene Sotera, yang juga merupakan Gereja terdalam di dunia

2. Masjid Pertama di dalam Laut


Tahukah Anda, Arab Saudi memiliki masjid bawah air pertama di dunia yang dibangun oleh sekelompok penyelam di lepas pantai Saudi, dekat dengan perbatasan Yordania.

Konon, masjid sederhana yang berdiri sejak 2012 lalu itu dibangun dengan menggunakan pipa plastik yang diisi dengan pasir untuk membuat strukturnya.

“Salah satu kolega kami datang dengan ide ini musim panas lalu dan kami memutuskan untuk melaksanakannya,” ungkap penyelam Hamadan bin Salim Al-Masoudi, seperti dilansir Business Insider, dikutip Selasa (14/1/2020).

“Kami baru saja menyelesaikan pembangunan masjid … ketika kami memberikan sentuhan terakhir padanya, sudah waktunya shalat Ashar, jadi kami melakukan shalat jamaah di masjid bawah air pertama dalam sejarah,” ujarnya.

Dalam sebuah pernyataan Drydocks World, perusahaan galangan kapal global yang berkantor pusat di Dubai, mengatakan telah menandatangani perjanjian dengan kontraktor Swiss untuk mengembangkan World Discus Hotel, yang sebagian bangunannya direncanakan terendam di bawah laut.

 sumber : ramadan.bisnis.com, muslimobsession.com

 

No comments:

Post a Comment