Friday, September 4, 2020

INDAHNYA AJARAN SALAF

 



M.A.V~313
 
Berkata Sayyiduna Imam Ahmad bin Hasan al-Aththas: "Sesungguhnya salaf kita mengajarkan anak-anak mereka amal sebelum mengajarkan ilmu, jika mereka telah belajar amal baru lah mereka mengajarkan ilmu. Mereka katakan pada anaknya," ini adalah kebenaran maka pegang teguhlah dan ini adalah kebatilan hendaknya kau jauhi."
 
Salaf Alawiyyin juga tidak memakaikan imamah (kain yang dililitkan di kepala) pada anak mereka, sebelum mereka menghafal kitab BIDAYAT AL-HIDAYAH dengan hafalan yang baik dan mengamalkan isinya.
 
Imam Alwi bin bin Muhammad bin Thahir Al-Haddad berkata:
"Salaf kita mereka mengutamakan orang yang lebih tua dalam berjalan, majlis dan memimpin bacaan fatihah, namun dalam memimpin majlis ilmu mereka mendahulukan siapa pun yang mempunyai keahlian dalam ilmu sekali pun lebih muda."
 
Catatan 📝 penting :
 
✍Imamah adalah sunnah namun demikian hendaknya dipakai oleh orang yang mempunyai akhlak yang baik minimal seperti kriteria diatas.
 
✍ Para pemuda yang merasa berilmu hendaknya tidak duduk didepan sebelum dipersilahkan. Para pemuda harus merasa malu menghadap orang tua yang sudah uzur agar bisa menyandarkan punggungnya yang lemah.
 
Ini lah akhlak yang diatur salaf agar kita tidak menyimpang dari ajaran mereka yang indah.
 
*رب فانفعنا ببركتهم واهدنا الحسنى بحرمتهم*
*وامتنا في طريقتهم و معافة من الفتن*

No comments:

Post a Comment