Tuesday, September 1, 2020

NASEHAT AL-FAQIH ALMUHAQQIQ AL-HABIB ZAIN BIN SUMAITH DALAM MEMILIH ULAMA

 



Waspadalah, jangan sampai Anda mempelajari agama Anda dari ulama yang tidak memiliki sifat seperti ini; ulama-ulama yang mengincar dunia dengan memanfaatkan ilmunya, menjadikan ilmu sebagai jebakan untuk mengumpulkan harta benda dunia. Waspadailah ulama seperti ini dan jauhilah mereka, seperti Anda lari menjauhi singa, karena mereka lebih berbahaya bagi Anda. Orang yang tidak bisa dipercaya memegang agama dirinya sendiri, bagiamana bisa dipercaya untuk menjaga agama orang lain?!
Salah satu tanda ulama terpercaya dimana Anda ingin mempelajari agama Anda darinya adalah; takut kepada Allah. “Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Maha Pengampun.” (QS. Fathir: 28) Tanda takutnya ulama kepada Allah nampak melalui amal perbuatannya.
Jika Anda melihat tanda ini dari seorang ulama, maka belajarlah agama darinya, dan ikutilah apa yang ia sampaikan. Allah Ta'ala berfirman, “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” (QS. An-Nahl: 43) Orang yang mempunyai pengetahuan adalah para ulama yang mengamalkan ilmunya, tulus kepada Allah, Rasul-Nya, dan kepada kaum mukminin secara umum.
Abu Hasan-313
14 - Rabi' ats-tsani 1440

No comments:

Post a Comment