UNIKNYA 2 PULAU REPTIL DI INDONESIA

Inilah dua pulau reptil yang menyimpan pesona luar biasa, memliki biota laut nan mengagumkan serta menjadi rumah satwa yang tak dihuni manusia.


Namanya Pulau Biawak karena memang ribuan biawak liar tinggal di sana, tempat makhluk reptil ini beranak pinak. Tak hanya indah, namun langka. Selain itu, pulau ini juga lebih dikenal dengan sebutan pulau Rakit, Pulau Menyawak atau Pulau Bompyis. Secara geografis terletak di wilayah Desa Pabean Ilir, Kabupaten Indramayu, di kawasan lepas pantai Laut Jawa, -+ 40 km di sebelah utara Indramayu. Terbentang tanah seluas sekitar 120 ha, terdiri dari 80 ha hutan bakau dan 40 ha hutan pantai/darat.

Pulau Biawak ini dikategorikan dalam hutan perawan karena pulau tersebut memang masih benar–benar asri dan terjaga. Di sana, berdiri mercusuar berumur 138 tahun, dibangun pada masa pemerintahan ZM Willem III pada tahun 1872. Hingga kini, bangunan tua yang tingginya 65 m itu masih kokoh berdiri meski telah berapa kali mengalami perbaikan.
Dan satu lagi, Warisan wisata yang diakui oleh UNESCO sebagai tempat yang langka di dunia. Pulau Komodo!

Dari namanya saja, Anda bisa mendeskripsikan seperti apa wisata di pulau Komodo. Tentunya disinilah tempat hewan komodo hidup dan berkembang biak. Tempat ini merupakan suatu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini berada di tengah – tengah antara pulau Sumbawa dan Flores. Terpisah oleh selat Sape. Menjadi pulau kecil yang menempati bagian utama Taman Nasional Komodo. Pulau Komodo masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai barat.
Tidak saja itu. Taman Nasional Komodo mencakup pula pulau lain seperti Rinca, dan Padar yang termasuk dalam pulau utama habitat asli komodo. Total luas tanahnya 2.321 km² meliputi wilayah daratan sekaligus lautan dan udara.
Spesies Varanus komodeonensis ini sangat langka dan hampir punah. Mereka bisa hidup di padang rumput (savanna), pantai berpasir putih, dan hutan hujan. Serupa dengan biawak, hanya saja ukuran yang sangat besar hingga bisa mencapai panjang 3 meter. Berat badan komodo dewasa berkisar antara 100 hingga 200 kilogram. Memiliki bentuk tubuh seperti hewan purba, berkuku tajam, bersisik, dan lidah bercabang yang suka ia julurkan. Ia masuk dalam kategori hewan predator. Hanya memerlukan satu gigitan saja untuk melumpuhkan mangsa.



Share on Google Plus

About Noktah Kita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.