Sunday, September 4, 2016

4 Hal Saja Untuk Menjadi Penulis Handal



Menjadi penulis handal itu tidaklah sulit dan mustahil. Mungkin tips di bawah ini dapat membantu.

  • 1.      Niat

Tanamkan lebih dahulu niat ingin bisa dan harus mahir dalam menulis. Dan hal itu tidaklah mustahil. Jika J.K Rowling atau Andrea Hirata bisa menjadi penulis hebat, kenapa kita tidak? Bahkan lebih hebat dari merekapun kita bisa!!
  • 2.       Banyak membaca

Syarat kedua agar tulisan kita bagus dan berbobot adalah dengan banyak-banyak membaca. Bisa jadi ide briliant datang setelah seseorang membaca. Dan tentu tulisan lebih bermutu dari seorang yang selalu haus pengetahuan, seperti mereka yang gemar membaca. Bahkan, membaca harus lebih banyak dari aktifitas menulis bagi seorang penulis.
  • 3.       Banyak menulis

Jangan lupa pula untuk selalu menulis. Usahakan minnimal sehari menulis satu paragraf saja. Sebab, pepatah mengatakan, bisa karena biasa. Dan dengan terbiasa menulis, dengan sendirinya ia tahu pemilihan diksi yang tepat dalam membuat kalimat agar enak dibaca.
  • 4.       Konsisten (istiqomah)

Ini penentunya. Konsisten! Jangan kita merasa cepat bosan atau mudah menyerah sebab ada seseorang mengomentari karya kita ‘jelek!’. Seharusnya kita lebih giat lagi untuk membaca dan menulis. Semakin banyak membaca, semakin bermutu tulisan kita. Dan semakin banyak menulis, semakin mudah kita tulisan yang indah.


Selamat mencoba!! Saya yakin kita bisa selama mau mencoba dan berusaha. Dan seperti apa masa depan kita adalah gambaran kita hari ini.

No comments:

Post a Comment